PKM Kolaborasi Internal – Pembangunan Steril UVC-Box untuk Pencegahan dan Sterilisasi Barang Pengunjung di RSUD Kesehatan Kerja Jabar

PKM Kolaborasi Internal – Pembangunan Steril UVC-Box untuk Pencegahan dan Sterilisasi Barang Pengunjung di RSUD Kesehatan Kerja Jabar

Pada masa pandemic COVID-19, kesterilan dan kehigienisan menjadi sorotan utama. Saat lockdown, PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) maupun pada masa new normal, setiap orang dan tempat harus terjaga kesterilannya. Setiap orang harus melakukan protocol kesehatan seperti penggunaan masker, mencuci tangan, sedia hand sanitizer, dan setiap barang yang dibawa juga harus dilakukan sterilisasi. Masa new normal tidak dapat terelakkan lagi karena situasi ekonomi yang kian mendesak dan roda perekonomian harus berputar. Mobilitas masyarakat diprediksi akan mengalami peningkatan pada masa new normal. Begitu juga pengunjung rumah sakit. Berbagai macam cara sterilisasi guna menjalankan protocol kesehatan juga diupayakan seperti:

  1. mencuci tangan dan barang-barang dengan sabun dan air mengalir,
  2. mencuci tangan dan/atau menyemprot barang-barang dengan larutan alcohol minimal 70%,
  3. menyemprot permukaan barang dengan larutan disinfektan ataupun antiseptic,
  4. penyinaran ruangan dan material dengan sinar UVC (tidak boleh terkena manusia karena akan berakibat fatal).
  5. dan lain sebagainya

Walaupun mencuci dengan sabun dan air mengalir adalah cara yang paling efektif namun cara ini dinilai kurang praktis apabila diaplikasikan pada barang-barang yang sering dibawa pengunjung rumah sakit seperti tas, jaket, topi, kacamata, dan lain sebagainya. Penggunaan sinar UVC sebagai metode sterilisasi dinilai paling praktis dan efektif. Kendalanya, perangkat sterilisasi dengan menggunakan UVC ini belum ada yang tersedia dengan harga terjangkau yang memuat kapasitas besar di pasaran. Tapi UVC ini hanya untuk barang-barang tidak boleh mengenai tubuh manusia.

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Kolaborasi Internal 2020-2 kali ini mengangkat judul “Pembangunan Steril UVC-Box untuk Pencegahan dan Sterilisasi Barang Pengunjung di RSUD Kesehatan Kerja Jabar”. PkM ini dilaksanakan oleh tim dosen Fakultas Ilmu Terapan (program studi D3 Teknologi Komputer, D3 Sistem Informasi Akuntansi dan D3 Sistem Informasi) berkolaborasi dengan tim dosen Fakultas Komunikasi dan Bisnis (program studi S1 Administrasi Bisnis). PkM ini tergabung dalam rangkaian kegiatan rutin komunitas StartUpHub.id dan KoRAL (Komunitas Riset Antar Lab) di kedua Fakultas tersebut sebagai wujud dukungan dalam memutus rantai penyebaran COVID-19.

Pada PKM ini diberikan bantuan berupa peralatan UVC Box hasil riset tim dosen dan mahasiswa yang berukuran besar berkapasitas 2 pintu sehingga bisa memuat banyak barang, selain itu diberikan UVC ukuran kecil untuk membantu Nakes dalam sterilisasi. Pemberian bantuan barang ini dilengkapi dengan poster penggunaan dan animasi penggunaan UVC Box.

Rangkaian acara dilakukan selama kegiatan ini mulai dari sharing bersama mengenai UVC dan Covid-19 dengan pihak RSUD Kesehatan Kerja Jabar. Dan diakhir acara pihak dosen melakukan sharing penggunaan alat dan serah terima UVC Box secara online dikarenakan sebagai bagian untuk memutus rantai penyebaran (contactless) pada acara Webinar Abdimas (Pengabdian kepada Masyarakat) pada tanggal 8 Januari 2021.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.