Home » Informasi Umum

Informasi Umum

Prodi D3 Teknologi Komputer adalah prodi vokasi yang memiliki keunggulan pada bidang kompetensi  Internet of Things, Embedded System, Robotika, dan Network Engineering. Mahasiswa dapat bergabung dengan komunitas mahasiswa di bidang ini untuk dibina untuk meningkatkan kompetensi dan juga terbiasa dengan kultur vokasi yang berorientasi pada inovasi dan pengembangan produk. Berbagai macam kompetisi mahasiswa di dalam dan luar negeri telah diikuti oleh mahasiswa D3 TK dan memberikan prestasi.

Adapun prestasi mahasiswa yang pernah diraih mahasiswa prodi D3 Teknologi Komputer antara lain adalah sebagai berikut.

○ Juara II DECONBOTION Kategori Electric RC Boat 2017

○ Juara II Singapore Robotic Games – Open Category 2017

○ Juara II 1st ASEAN MATE Underwater Robot Competition 2017

○ Juara III 2nd ASEAN MATE Underwater Robot Competition 2018

○ Juara II 3rd ASEAN MATE Underwater Robot Competition 2019

○ Best Presentation pada Singapore Amazing Flying Machine 2018

○ Juara III Kontes Robot Indonesia 2015 Tingkat Nasional Kategori KRSTI

○ Juara Harapan Kontes Robot Indonesia 2018 Regional II Kategori KRSBI

○ Juara II Kontes Robot Indonesia 2018 Regional II Kategori KRSTI

○ Juara II Kontes Robot Indonesia 2019 Regional II Kategori KRSBI

○ National Ship Design and Race Competition (NASDARC) 2019

○ Juara II Kontes Robot Indonesia 2020 Wilayah I Kategori KRSTI

○ 5 Besar Social Project InnoVillage 2020

Mahasiswa juga dapat bergabung dengan komunitas start-up esstav-FIT, yaitu komunitas pengembangan perusahaan pemula yang beranggotakan lintas prodi di FIT sebagai salah satu bentuk implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan sarana belajar berkolaborasi dengan partner yang berbeda bidang kompetensi. Selain itu, mahasiswa D3 Teknologi Komputer  juga diberi pelatihan profesional dan sertifikasi, yang sangat bermanfaat ketika alumni meniti peluang karir di dunia global. Oleh sebab itu, terdapat mata kuliah yang di-embedded-kan dengan materi sertifikasi yang diakui internasional seperti yang dijelaskan sebagai berikut.

1.            Mata kuliah Sistem Jaringan Komputer menggunakan materi sertifikasi Cisco CCNA v1.

2.            Mata kuliah Routing & Switching menggunakan materi sertifikasi Cisco CCNAv2. Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa dapat langsung mengikuti ujian dan mendapatkan certificate of completion dari Cisco. Fakultas Ilmu Terapan telah terdaftar secara resmi menjadi Cisco Academy. https://www.netacad.com/academy/5508

3.            Mata kuliah Administrasi Jaringan menggunakan materi sertifikasi Mikrotik MTCNA.

4.       Mata kuliah Interface, Peripheral, dan Komunikasi menggunakan materi sertifikasi Huawei HCIA Internet of Things.

Pada semester 6, mahasiswa diwajibkan untuk melaksanakan kegiatan magang di Industri, Dunia Usaha dan Kerja (IDUKA) selama kurang lebih 6 bulan untuk memberikan pengalaman dan juga mendapatkan kesempatan menerapkan kompetensi yang didapatkan ketika kuliah. Kegiatan ini juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk direkrut oleh perusahaan sebagai apabila dianggap memiliki performa yang baik. Terbukti dari hasil tracer study alumni. rata-rata waktu tunggu lulusan prodi D3 TK dalam mendapat pekerjaan/berwirausaha setelah lulus adalah kurang dari 6 bulan.