PKM 2021-2 Pelatihan Pengoperasian Simulasi Jaringan (Virtual) Multi-Vendor di SMK BPI Bandung

Salah satu upaya untuk mencegah pandemi Covid-19, pemerintah mengeluarkan kebijakan agar sekolah-sekolah mulai dari TK, SD, SMP, SMA dan SMK meminta siswanya untuk belajar di rumah. Sekitar bulan Maret 2020 sekolah menerapkan metode pembelajaran siswa secara daring. Namun terdapat beberapa kendala bagi sebagian pengajar khususnya di bidang pendidikan vokasi, khususnya dalam bidang jaringan, sebagian pengajar diharuskan mendemokan atau mensimulasikan secara online, dan ini menjadi kendala didalam implementasinya terutama ketika ingin mengintegrasikan beberapa vendor didalam mensimulasikan jaringan. tentunya di SMK BPI Bandung ini terdapat Program Studi Teknik Komputer jaringan karena bidang ini memiliki keunggulan untuk menghasilkan suatu lulusan yang mempunyai skill dan keterampilan dibidang pengoperasian komputer dan jaringan untuk dipersiapkan menghadapi dunia kerja di industri. Hal ini menjadi salah satu target SMK BPI Bandung, yang dapat mewujudkan hal tersebut.

Pada kegiatan yang dilaksanakan pada 22 November 2021, Tim abdimas dari Telkom University yang terdiri dari Devie Ryana Suchendra dan Prajna Deshanta Ibnugraha beserta tim Mahasiswa memberikan pelatihan yang mendukung di dalam integrasi multi-vendor dalam hal ini adalah Pelatihan Pengoperasian Simulasi Jaringan (Virtual) Multi-Vendor. Sehingga dalam kondisi pandemi covid-19 ini para guru atau pengajar dapat mensimulasikan jaringan multivendor menggunakan emulator virtualisasi.

Pertemuan dengan Kepala Sekolah SMK BPI Bandung
Pemberian materi pelatihan
Pendampingan peserta pelatihan

One Comment

  1. Really impressed! Everything is very open and very clear clarification of issues. It contains truly facts. Your website is very valuable. Thanks for sharing.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.