PENGABDIAN MASYARAKAT D3 TEKNOLOGI KOMPUTER, PENINGKATAN INFRASTRUKTUR PERALATAN LABORATORIUM UNTUK MENINGKATKAN MUTU PRAKTIKUM DI SMK NEGERI 4 BANDUNG

Sebagai salah satu negara berkembang, Indonesia mulai turut ambil bagian dalam perkembangan teknologi dunia. Salah satu teknologi yang sedang berkembang adalah teknologi otomasi. SMK Negeri 4 yang berlokasi di Jl. Kliningan Bandung sebagai salah satu sekolah menengah bidang vokasi khususnya bidang otomasi industry telah memulai langkah dalam pendidikan dan pengajaran bidang Arduino IoT.  Namun saat ini peralatan praktikum Belum tersedianya perangkat Arduino yang mendukung kearah pembelajaran IoT (Internet of Thing).

Perangkat IoT

Berdasarkan hal tersebut SMK Negeri 4 membutuhkan perangkat praktikum yang dapat melengkapi laboratorium dalam mendukung  kebutuhan sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu pengajaran Arduino berbasis IoT. Dalam pengabdian masyarakat ini, tim pengabdian masyarakat D3 Teknologi komputer Yang terdiri dari Gita Indah Hapsari, Lisda Meisaroh dan Giva Andriana Mutiara, memberikan dukungan peningkatan infrastruktur dengan pengadaan seperangkat alat Arduino  yang mendukung pada pembelajaran IoT. Dengan adanya peralatan ini diharapkan dapat meningkatkan mutu praktikum di SMK 4 Bandung.

Pelatihan Arduino Iot

Pelaksanaan kegiatan penyerahan alat Arduino IoT dilakukan pada tanggal 3-4 Juni 2021 bertempat di SMK Negeri 4 Bandung yang diwakilkan oleh Muhammad Ikhsan Sani selaku Kaprodi D3 Teknologi Komputer. Proses penyerahan dirangkaikan dengan kegiatan pelatihan penggunaan perangkat Arduino IoT yang dilakukan selama 2 hari. Hasil survey pelaksanaan masyarakat menunjukkan bahwa program pengabdian masyarakat yang dilaksanakan sudah sesuai dengan tujuan kegiatan, sesuai dengan kebutuhan SMK . Selain itu lebih dari 85 persen mengharapkan keberlanjutan dari pengabdian masyarakat ini dengan mengadakan pelatihan Arduino IoT yang mengarah pada instalasi server atau penerapannya di berbagai bidang.

Serah Terima perangkat Arduino Iot oleh Bapak Muhammad Ikhsan Sani S.T., M.T

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.