Memahami GUI dan WIMP dan Hubungan Serta Peranannya Dalam Desain Antarmuka
Semua sistem komputer membutuhkan sebuah bentuk antarmuka pengguna yang mempunyai kaitan erat dengan GUI dan WIMP. Karena GUI adalah jenis antarmuka yang paling banyak digunakan, demikian juga dengan WIMP yang merupakan elemen grafis yang paling umum.
Apa yang Dimaksud Dengan GUI?
Diketahui bahwa graphical user interfaces ini biasa ditemukan di PC, smartphone, maupun tampilan layar sentuh yang lainnya. Salah satu contoh yang mudah ditemukan adalah Windows dan Apple yang merupakan bagian dari GUI operating system. Awalnya GUI ini dikembangkan oleh tim riset dan pengembangan Xerox Palo Alto di California pada akhir 70-an. Kemudian digunakan dan dikomersialisasikan oleh Macintosh milik Apple dan Windows milik Microsoft. GUI ini menjadi solusi terbaik dalam mengatasi masalah computer interaction pada masa awal perkembangannya dengan inefisiensi dalam penggunaan.
Agar dapat memahami GUI dengan baik maka dapat dilakukan dengan direct manipulation yang mempunyai deskripsi sebagai berikut:
- Mempunyai representasi objek secara berkelanjutan.
- Tidak berupa syntax yang kompleks melainkan interaksi fisik atau tombol berlabel yang dapat ditekan.
- Terdapat perubahan kecil yang cepat dari penggunaan tombol yang menghasilkan obyek grafik terlihat dengan cepat.
Dapat dikatakan, GUI adalah standar dalam mendesain aplikasi software yang memungkinkan user mampu mengoperasikan perangkat. Dengan menggunakan direct manipulation yang terdiri dari tombol, menu, kursor, dan ikon grafis yang lainnya.
Apa yang Dimaksud Dengan WIMP?
WIMP adalah contoh paling afdol dari GUI, yaitu berasal dari singkatan window, icon, menu, dan pointing device. Komponen-komponen yang paling umum dalam interaksi di graphical user interface yang mempunyai penjelasan sebagai berikut:
Windows
Peranan Windows adalah memisahkan antara berbagai sistem aplikasi, jendela kerja ini mempermudah pengguna menggunakan beberapa hal bersamaan. Dengan dukungan mouse, pengguna juga dapat berpindah-pindah dari satu windows ke windows lainnya. Selain itu windows juga dapat mengisolasikan sebuah program dari program yang lainnya, sehingga pengguna dapat fokus pada satu window.
Icon
Icon ini adalah objek grafis yang menggambarkan fungsi dan fitur dari sebuah aplikasi perangkat lunak. Peran beragam icon ini adalah untuk mempermudah user mengakses dan menggunakan software yang dibutuhkan. Biasanya icon adalah metafora dari objek asli didunia nyata, misalnya icon Recycle Bin yang mempunyai bentuk seperti tempat sampah asli. Pengguna dapat menggunakan Recycle Bin untuk melihat data yang sempat terhapus, sebagaimana tempat sampah yang dapat di-recycle lagi.
Menu
Menu juga mempunyai peran yang sangat penting karena memudahkan pekerjaan pengguna untuk memilih perintah yang diperlukan. Pengguna dapat memilih opsi pada menu dengan bantuan pointer, menu juga memiliki dua bentuk yakni menu yang tersusun secara hierarkis dan menu pop-up.
Pointing Device
Pointer juga menjadi bagian yang sangat penting dari WIMP, karena sangat diperlukan untuk melakukan sistem operasi Windows maupun Mac. Contoh nyata yang dapat ditemukan dengan mudah mengenai pointer ini adalah joystick dan mouse yang kerap digunakan pengguna.
GUI adalah dasar yang membuat pengguna dapat melakukan interaksi dengan efisien dan efektif dalam melakukan suatu sistem operasi. WIMP sendiri adalah komponen dari GUI namun tidak semua GUI merupakan WIMP, misalnya seperti Android. Android adalah GUI yang menggunakan icon dan menu, meskipun demikian tidak menggunakan windows dan pointing device dalam penggunaannya. Uraian singkat diatas sudah cukup mewakili bagi Anda untuk mengenal GUI dan WIMP yang penting dalam sebuah sistem pengoperasian komputer.
Referensi
https://tekno.kompas.com/read/2022/11/30/03150087/pengertian-gui-cara-kerja-dan-contohnya?page=all
Penulis: Nabillah Farah Nada