PEMBUATAN KONTEN VIDEO PRAKTIKUM IoT DENGAN ARDUINO UNTUK MENDUKUNG PENGAJARAN JARAK JAUH DI SMKN 4 BANDUNG

Salah satu target dari SMK Negeri 4 Bandung adalah menghasilkan lulusan yang unggul dan siap kerja. Untuk mewujudkan lulusan yang memiliki kompetensi tersebut maka dibutuhkan suatu fasilitas yang mendukung kompetensi inti. Salah satunya adalah mendapatkan pembelajaran dalam bentuk praktikum yang dapat meningkatkan skill siswa. Pada pelaksanaan pengabdian masyarakat sebelumnya, telah dilakukan pemberian perangkat praktikum Arduino IoT yang belum dimiliki oleh laboratorium SMK Negri 4 Bandung. Namun masih terdapat permasalahan yaitu belum adanya video praktikum IoT dengan arduino. Video ini merupakan bagian penting untuk mendukung pengajaran jarak jauh di SMKN 4 Bandung, khususnya praktikum yang sesuai dengan kurikulum berjalan yang saat ini. Oleh karena itu pengabdian masyarakat ini melanjutkan kegiatan yang sebelumnya yaitu pembuatan konten video praktikum IoT dengan Arduino untuk mendukung pengajaran jarak jauh di SMKN 4 Bandung.

Proses pelaksanaan pengambilan gambar untuk video dilakukan di Fakultas Ilmu Terapan Universitas Telkom Pada tanggal 28 Juli 2022 dan 25 Agustus 2022. Video pembelajaran IoT menggunakan Arduino merupakan kolaborasi antara Dosen D3 Teknologi Komputer dan Guru SMKN 4 Bandung. Perwakilan dari SMKN 4 terdiri dari 2 orang guru dan perwakilan dari universitas Telkom terdiri dari 2 orang dosen. Proses editing dibantu oleh 4 orang mahasiswa D3 Teknologi Komputer.

1 Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  • This is very helpful post on CREATING IoT PRACTICUM VIDEO CONTENT. The Faculty of Applied Sciences hosted the photo and video production process.

    Moreover, We offer Private Whale Watching Tours in Alaska, you can book your tour from our professionals at affordable prices.

    Peter Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.