Pembuatan Alat Penyiraman Tanaman Kebun Otomatis di Peternakan Padaringan Smart Farming Cilengkrang

Pada Hari Sabtu, tanggal 15 juni 2024, Tim Abdimas Prodi D3 Teknologi Komputer, Universitas Telkom mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat ke Peternakan Padaringan Smart Farming yang terletak di Cilengkrang.

Kegiatan ini diikuti oleh tim dosen yaitu Lisda Meisaroh dan M Fahru Rizal. Selain itu ada juga mahasiswa yang terlibat yaitu Ichlasul, Erlangga Birawa, Annisa, Aenaya, Nadya, Ayumi, Rinjani. Kegiatan ini bertujuan untuk memasang alat penyiraman tanaman kebun otomatis yang sebelumnya sudah dikembangkan oleh tim di laboratorium STAS RG, Universitas Telkom.

Kegiatan ini bertujuan untuk menerapkan teknologi smart farming yang sedang dikembangkan untuk dapat bermanfaat bagi masyarakat. Salah satunya yaitu alat penyiraman otomatis dengan menggunakan mikrokontroler ESP32 dengan relay sebagai control sumber daya ke sebuah pompa. Alat panel disertai LCD untuk menampilkan nilai yang dimonitor yaitu suhu, kelembapan udara, dan kelembapan tanah dengan sensor yang digunakan adalah DHT22 dan sensor kelembapan tanah kapasitif.

Kegiatan ini bertujuan untuk menerapkan teknologi smart farming yang sedang dikembangkan untuk dapat bermanfaat bagi Masyarakat, khususnya Masyarakat di desa margamulya. Dengan prototype system monitoring ini diharapkan dapat membantu para peternak di desa margamulya menerapkan teknologi di bidang peternakan.

4 Komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

  • Your post is extremely helpful. Thanks for sharing it. Solar

    Nikolas Reply
  • Wah, kegiatan di Peternakan Padaringan Smart Farming ini keren banget! Pemasangan alat penyiraman otomatis pasti akan sangat membantu para petani di sana. Salut untuk tim dosen dan mahasiswa yang terlibat, pasti seru ya bisa terjun langsung ke lapangan dan mengaplikasikan ilmu dari kampus. Semoga alatnya bisa berfungsi dengan baik dan bermanfaat untuk peternakan!

    pizza tower Reply
  • I also found it extremely useful. Head Soccer

    Head Soccer Reply
  • 由于留学生可能对目标国家的学术规范和写作风格不太熟悉,他们的论文可能未能满足当地学术标准。专业的论文代写 https://www.lunwenhui.com/ 服务通常了解不同国家的学术要求,能够帮助留学生调整论文结构、格式和引用规范,提高其学术水平。这对于留学生在异国他乡迅速适应学术环境,更好地融入学术社群具有积极作用。

    LunwenHui Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.