Instalasi dan Pembangunan Sistem Smart Switch dan Power Meter di Masjid Al-Muhajirin Antapani Bandung

Instalasi dan Pembangunan Sistem Smart Switch dan Power Meter di Masjid Al-Muhajirin Antapani Bandung

Masjid Al-Muhajirin di jl. Jayapura no. 2 RT 05 RW.10 Kelurahan Antapani Kidul Kecamatan Antapani dikelola oleh Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al-Muhajirin. Masjid ini dilengkapi dengan banyak perangkat listrik yang perlu diatur penggunaannya, seperti: lampu penerangan, kipas angin, sistem audio, dll.

Saat ini penyalaan dan pemadaman listrik di Masjid Al-Muhajirin masih dilakukan secara konvensional dengan saklar yang mengharuskan pengguna berada di dekat saklar untuk mengoperasikannya. Akibatnya masih terjadi keterlambatan penyalaan atau pemadaman perangkat listrik yang berujung pada pemborosan penggunaan listrik. Selain itu belum tersedia sarana untuk melakukan pencatatan dan pelaporan informasi penggunaan daya listrik yang dapat diakses dari jarak jauh.

Untuk mengatasi masalah tersebut, pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dibangun sistem saklar pintar (smart switch) dan sarana pencatatan dan pelaporan daya listrik yang dapat diakses baik secara lokal maupun jarak jauh menggunakan PC maupun perangkat bergerak pintar seperti smartphone. Pembangunan sistem ini juga mempertimbangkan untuk menjaga sistem lama sebagai metode alternatif pengoperasian saklar apabila perangkat saklar pintar mengalamai kerusakan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.