Tim Robotik meraih juara 2 di Singapore Robotic Games 2018

Tim Robotik meraih juara 2 di Singapore Robotic Games 2018

Tim Robotik SAS berhasil meraih juara II pada lomba Singapore Robotic Games 2018.  Tim Robotik SAS yang dibimbing oleh Bapak Muhammad Ikhsan dan Bapak Simon Siregar berhasil meraih juara II pada kategori lomba Open Category. Lomba Singapore Robotic Games 2018 (SRG2018) ini diselenggarakan pada hari  Kamis 25 Januari 2018 di Annexe Hall 1, Science Centre, Singapore.

Tim Robotik SAS beranggotakan Dzikri Hasbialloh (D3 Teknik Komputer), M.Muchlis Kurnia (D3 Teknik Komputer), Amalia Tamarizka Sihombing (D3 Teknik Komputer), Icha Inggrid (D3 Teknik Komputer), Luthfi Anota Sirpa (D3 Teknik Komputer), Daud Al Adumy (D3 Teknik Komputer), Ryan Febriansyah (D3 Teknik Telekomunikasi), Indah Trizkiyani (S1 Ekstensi Sistem Komputer) Luthfi Fauzi (D3Teknik Telekomunikasi) dan M. Zein Ersyad (D3Informatika) berhasil menyingkirkan pesaing-pesaing nya dari berbagai negara di ASEAN seperti Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, dan Filipina.

Tim Robotik yang bertanding di Singapore berfoto bersama dosen pembimbing Bapak Simon Siregar

Pada lomba ini tim Robotik menampilkan robot Angklung dan robot Dirigen. Robot Angklung bisa memainkan lagu Indonesia Raya dan Majulah Singapura secara sinkron sesuai dengan gerakan dari robot Dirigen. Robot Angklung dibuat terhubung dengan motor listrik yang dapat bergerak sesuai dengan nada yang kita inginkan. Pada open category ini keluar sebagai pemenang adalah tim dari Nanyang Polytechnic Singapore.

Muhammad Ikhsan selaku dosen pembina tim SAS menjelaskan bahwa dari Telkom Unviersity sendiri menurunkan 5 tim untuk berlaga dalam kompetisi ini, dengan mengikuti 5 kategori diantara nya adalah Open Category, RC Underwater Robot, Autonomous Underwater Robot, RC Sumo Robot, dan Autonomous Sumo Robot. Selain dari Fakultas Ilmu Terapan, ikut bertanding juga tim robot dari Fakultas Teknik Elektro.

“Kami (tim SAS) sudah mempersiapkan kompetisi ini sejak September 2017 lalu, robot Angklung dan robot Dirigen oleh tim SAS dari Fakultas Ilmu Terapan berhasil meraih juara II Open Category.” Ucapnya.

Ikhsan menambahkan bahwa dari kompetisi ini memberi pengalaman internasional yang berharga di bidang teknologi robotika bagi anggota tim Robotic SAS. “Kami bersyukur bisa mempertahankan gelar juara II Open Category, namun dari sini kami banyak belajar dari tim-tim di ASEAN, bahwa masih banyak hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan performa robot kami dan kemampuan dari pilot/operator robot, sehingga kedepannya bisa meraih lebih banyak lagi prestasi dalam dunia Internasional.“ katanya.

Selamat untuk tim Robotik!

http://telkomuniversity.ac.id/robot-telkom-university-raih-juara-internasional/

http://guppy.mpe.nus.edu.sg/srg/srg15/

Ketentuan lomba open category

http://guppy.mpe.nus.edu.sg/srg/srg15/open.pdf

Tags:

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.