Pengabdian Masyarakat : Instalasi dan Pembangunan Sistem Keamanan Menggunakan CCTV di Masjid

Keberadaan masjid tentunya menjadi kebutuhan bagi masyarakat di Indonesia yang mayoritas beragama islam. Di dalam Masjid banyak terdapat beberapa fasilitas seperti tempat penitipan sepatu dan sendal, perlengkapan soundsystem dan multimedia, perlengkapan ibadah dan lain sebagainya. Namun tak jarang fasiltas tersebut hilang / dirusak oleh oknum masyarakat yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu sistem keamanan di masjid agar pengurus DKM dapat mengelola fasilitas yang terdapat di masjid dengan baik.

Dalam rangka kegiatan pengabdian masyarakat, tim dosen yang terdiri dari Pak M.Fahru Rizal, Pak Setia Juli Ismail dan Ibu Fitri Susanti melakukan instalasi dan pembangunan sistem keamanan menggunakan CCTV. Masjid yang dipilih untuk pemasangan CCTV tersebut adalah Masjid Al-Mukmin yang berlokasi di Perumahan GBA1 jalan Bojongsoang. Area CCTV yang dipasang mencakup area pelataran masjid, madrasah, dan area utama masjid. Selain instalasi CCTV yang dapat diakses menggunakan mobile phone, pengurus DKM juga diberi pelatihan penggunaan CCTV & troubleshooting sistem keamanan yang telah dibangun.

Kegiatan ini tentunya mendapat respond yang sangat baik dari pengurus DKM Masjid Al-Mukhlisin. Pengurus dan jem’aah masjid dapat merasakan langsung manfaatnya. Pengurus DKM berharap sistem keamanan di masjid Al-Mukhlisin dapat terus dikembangkan.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.