Pelatihan dan Sosialisasi Monitoring Penggunaan Sistem Keamanan CCTV di Masjid Al Muhajirin Antapani Bandung

Latar Belakang

DKM Al-Muhajirin Merupakan salah satu masjid yang terdaftar di bawah direktorat urusan agama islam dan pembinaan Syariah direktorat jenderal bimas islam kementrian agama republik Indonesia  yang beralamat di Jl. Jayapura no. 2 RT 05 RW.10 Kelurahan Antapani Kidul Kecamatan Antapani, memiliki luas tanah 400m2 dengan luas bangunan 286m2

Tim dosen yang terlibat dalam kegiatan ini adalah Muhammad Ikhsan Sani. S.T., M.T. sebagai ketua tim dan Mia Rosmiati, S.Si., M.T. dan Marlindia Ike Sari, S.T., M.T. sebagai anggota tim. Tim juga dibantu oleh mahasiswa dari D3 Teknik Komputer dan S1 Sistem Komputer. Dari hasil kunjungan dan diskusi di Mesjid Al Muhajirin memberikan gambaran permasalahan yang dihadapi oleh pihak mitra sasar. Permasalahan ini dijelaskan sebagai berikut.

  1. Pihak Mesjid Al Muhajirin memiliki perangkat CCTV versi sederhana tetapi belum memiliki kemampuan yang memadai untuk mengoperasikan dan melakukan troubleshooting secara mandiri.
  2. Terdapat kebutuhan untuk melakukan pelatihan dan konfigurasi sistem keamanan tetapi tidak memiliki SDM yang memadai untuk melakukan kegiatan pelatihan.

 

Solusi

Berdasarkan latar belakang tersebut maka dibuatlah solusi melalui kegiatan pengabdian masyarakat berikut. Solusi  atas kondisi yang telah dipaparkan pada sub bab permasalahan mitra, sebuah pelatihan untuk melatih pengurus Mesjid Al Muhajirin untuk melakukan pengoperasian dan perawatan serta troubleshooting sistem keamanan menggunakan CCTV. Pelatihan ini bertujuan agar pihak pengurus Masjid Al Muhajirin memilki kemandirian dalam hal melakukan pemantauan  kondisi keamanan  di sekitar lingkungan masjid dan juga dapat memperbaiki apabila terjadi kerusakan. Adapun  target Luaran kegiatan Pengabdian Masyarakat ini adalah

  1. Jasa : Pelatihan dan sosialisasi penggunaan sistem keamanan menggunakan CCTV.
  2. Metode : Membuat modul pelatihan untuk petunjuk penggunaan dan  troubleshooting perangkat pada sistem keamanan

Metode Pelaksanaan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pengabdian Masyarakat yang akan dilaksanakan di Mesjid Al Muhajirin dilakukan dalam bentuk pelatihan keilmuan yang memberikan nilai tambah bagi masyarakat. Poin utama dari pelatihan ini adalah untuk keperluan transfer of knowledge mengenai penggunaan dan troubleshooting dari perangkat sistem keamanan CCTV yang dimiliki oleh pengurus mesjid.  Adapun tahapan yang dilakukan dalam melaksanakan pengabdian masyarakat ini adalah sebagai berikut.

  1. Menyusun Rencana Operasional Kegiatan

Dalam tahap ini tim menyusun rencana mulai dari rencana rapat koordinasi tim, survey dan pengadaan barang, penyiapan skenario pelatihan, pembuatan modul pelatihan, pembuatan banner atau spanduk kegiatan pelatihan, jadwal dan perizinan kegiatan, pembuatan undangan dan sosialisasi, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi.

 

  1. Survey Pengadaan dan Pembelian Barang

Dalam tahap ini dilakukan pencarian perangkat pendukung pelaksanaan kegiatan yang disesuaikan dengan kondisi di lapangan.

  1. Mempersiapkan skenario pelatihan

Dengan mempertimbangkan kemampuan teknis sistem, tim mempersiapkan suatu skenario pelatihan yang disesuaikan dengan kondisi mitra sasar. Pelatihan mahasiswa yang akan dilibatkan dalam kegiatan ini dilakukan dalam tahap ini. Sebagian besar mahasiswa yang mengikuti kegiatan PkM ini telah berpengalaman dalam kegiatan yang serupa.

 

  1. Mempersiapkan modul pelatihan

Dalam tahap ini disusun modul pelatihan dan perangkat pendukung pelatihan untuk mitra sasar dalam mengoperasikan perangkat CCTV, pengaturan dasar penggunaan aplikasi CCTV, playback rekaman CCTV, pengaktifan fitur motion detection pada waktu tertentu sebagai alarm, dan juga troubleshooting apabila terjadi error pada sistem. Modul pelatihan ini juga dapat dijadikan buku petunjuk apabila di kemudian hari terdapat permasalahan pada perangkat. Diharapkan pengurus Mesjid Al Muhajirin dapat secara mandiri menggunakan teknologi yang dimiliki.

  1. Pelaksanaan kegiatan pelatihan dan sosialisasi

Estimasi waktu pelaksanaan adalah selama 1 hari antara bulan September-Desember 2018.

  1. Pembuatan laporan kegiatan.

Laporan kegiatan didasarkan pada hasil pelaksanaan dan evaluasi kegiatan.  Tahap Pelaporan ini meliputi pembuatan draf laporan dan membuat laporan akhir serta penyerahannya ke PPM.

Partisipasi mitra dalam pelaksanaan program.

Partisipasi mitra terhadap pelaksanaan kegiatan yang dilakukan oleh tim PkM adalah sebagai berikut :

  1. Ikut serta dalam sosialisasi kegiatan oleh pelaksanaan

Tinjauan hasil yang dicapai

Dari hasil tinjauan berdasarkan perbandingan antara permasalahan masyarakat sasar yang ada terhadap keseluruhan hasil yang dicapai berdasarkan faktor-faktor berikut ini adalah :

Faktor Luaran :

  1. Pengurus masjid dapat melakukan pengoperasian CCTV dan troubleshooting berdasarkan modul pelatihan yang diberikan.

Faktor Feedback :

Dikarenakan kegiatan ini berupa pelatihan dan sosialisasi  maka feedback yang mengisi hanya beberapa pengurus saja. Dan hasil dari factor feedback tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Rata-rata Pengurus DKM dan masyarakat Sekitar sangat puas dengan adanya sistem keamanan menggunakan kamera CCTV ini, dan pengoperasiannya pun bisa dilakukan dengan mudah dengan bantuan modul pelatihan yang diberikan.
  2. Diharapkan kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat berlanjut berdasarkan kebutuhan dari masyarakat sasar.

Gambar 2.  Pengurus DKM Al Muhajirin.

 

 

Gambar 3. Tutorial penggunaan CCTV pada pengurus mesjid.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.