Lokakarya Kurikulum Politeknik Sukabumi

Lokakarya Kurikulum Politeknik Sukabumi

Kaprodi D3 Teknologi Komputer Bapak Setia Juli Irzal mendapat undangan menjadi narasumber pada acara lokakarya kurikulum Politeknik Sukabumi. Pada kesempatan ini beliau diminta memberikan review terhadap draft kurikulum prodi D3 Teknik Komputer.

Acara ini dilaksanakan pada hari Sabtu 5 Oktober 2019 di Aula Politeknik Sukabumi. Acara dibuka oleh Direktur Politeknik Sukabumi Bapak  Nonda Mauldani, S.T., M.Kom, serta dihadiri oleh tim Kurikulum D3 Teknik Komputer Politeknik Sukabumi yang dipimpin oleh Ibu Samirah Rahayu selaku Kaprodi. Bapak Nonda menyampaikan bahwa Prodi D3 Teknik Komputer Politeknik Sukabumi sedang melakukan evaluasi Kurikulum. Beliau berharap tim kurikulum dapat mengambil manfaat dari acara lokakarya kurikulum ini.

Selanjutnya Ibu Samirah Rahayu menyampaikan draft kurikulum yang telah disusun oleh tim dari Prodi D3 Teknik Komputer Politeknik Sukabumi. Beliau menyampaikan telah melakukan tracer study serta menyusun profil lulusan prodi. Pada kesempatan ini Pak Jul (panggilan akrab beliau) menyampaikan banyak masukan terhadap draft kurikulum prodi D3 Teknik Komputer Politeknik Sukabumi.

dari Panduan penyusunan kurikulum Dikti

Beliau menyampaikan bahwa sebelum penyusunan kurikulum sebaiknya dilakukan kajian terlebih dahulu yang melibatkan asosiasi profesi, pengguna lulusan, alumni maupun prodi sejenis. Pada tahap ini dapat juga dilakukan kajian terhadap referensi dari kurikulum yang dikeluarkan oleh asosiasi seperti ACM. Contohnya untuk prodi TK dapat menggunakan ACM Curicula 2016.

Dari hasil kajian tersebut kemudian disusun Profi Lulusan prodi atau sering disebut juga Capaian Pembelajaran disingkat CP. CP harus menyesuaikan dengan level kualifikasi KKNI (untuk D3 level 5), serta Peta Okupansi Kompetensi dari Kominfo. Tentunya harus diperhatikan juga kekhasan prodi.

Kemudian ditentukan pemilihan bobot dan bahan kajian. Dari sini kemudian disusun struktur kurikulum, yang kemudian dilengkapi dengan mata kuliah dan SKS. Baru kemudian disusun RPS, pohon kurikulum serta dokumen lainnya.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.