Home » Tentang Kami

Tentang Kami

Sejarah

Program Studi D3 Teknik Komputer berdiri pada tahun 2007. Prodi ini adalah salah satu program studi dibawah naungan Politeknik Telkom bersama 3 program studi D3 Manajemen Informatika, D3 Komputerisasi Akuntansi, dan D3 Perhotelan.
Pada tahun 2013 Politeknik Telkom, Institut Teknologi Telkom, Institut Manajemen Telkom, dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom melebur menjadi Universitas Telkom berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor:270/E/O/2013 tanggal 17 Juli 2013 dan Nomor:309/E/O/2013 tanggal 14 Agustus 2013.
Sebagai salah satu Program Studi di Universitas Telkom, D3 Teknik Komputer menjalankan visi institusi menjadi perguruan tinggi berkelas dunia yang berperan aktid dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan seni berbasis teknologi informasi.
Untuk mencapai visi tersebut, D3 Teknik Komputer membuat tujuan yang harus dicapai berdasarkan rencana strategis institusi (governance excellence, academic management excellence, academic resources excellence dan academic quality excellence).

Akreditasi

Berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 1149/SK/BAN-PT/Akred/Dpl-III/XI/2015, saat ini Program Studi D3 Teknik Komputer mendapatkan akreditasi A.

Deskripsi

Program Studi Teknik Komputer menyiapkan peserta didik(mahasiswa) untuk siap bekerja. Mahasiswa akan dibekali dengan keterampilan yang mendukung ketika mahasiswa tersebut lulus dalam menghadapi dunia kerja. Kompetensi lulusan Program Studi Teknik Komputer berorientasi pada pemenuhan kebutuhan yang ada di masyarakat. Selain belajar di lingkungan kampus, mahasiswa Program Studi Teknik Komputer mendapatkan kesempatan atau pengalaman untuk bekerja di perusahaan dalam bentuk Kerja Praktek dan Magang.

Program Studi D3 Teknik Komputer memberikan materi yang berkaitan dengan pengembangan jaringan computer di suatu organisasi atau perusahaan. Selain mampu membangun jaringan, mahasiswa juga dibekali kemampuan untuk membangun embedded system hardware maupun software. Untuk melengkapi kemampuan yang telah didapatkan, mahasiswa juga dibekali pengembngan karakter dalam pengembangan profesionalisme.

Masa Studi normal adalah 6 semester (3 tahun) dengan maksimal 4 tahun. Mahasiswa diharuskan menyelesaikan 111 SKS dengan rata-rata 20 SKS per semester untuk lulus. Pada akhir semester 4 akan dilaksanakan Kerja Praktek di industry selama 1,5 bulan dan pada semester 6 akan dilaksanakan magang selama 6 bulan di industry.

Profil Lulusan

No

Profil Lulusan

Deskripsi

1

Network Engineer

Bidang pekerjaan yang bertanggung jawab atas implementasi, pemeliharaan, dan mengembangkan jaringan computer dalam suatu organisasi.

2

Embedded System Engineer

Bidang pekerjaan yang bertanggung jawab untuk mengembangkan hardware dan software untuk mendukung sistem besar seperti sistem jaringan computer

Lulusan prodi ini mendapat gelar A.Md (ahli madya)

Capaian Pembelajaran

Berikut adalah Capaian Pembelajaran D3 Teknik Komputer

SIKAP

1.     Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki moral, etika dan Kepribadian yang baik dalam menyelesaikan tugas-tugas yang menjadi tanggung jawabnya.

2.     Berkepribadian dan akhlak yang baik, professional, bertanggung jawab, peka terhadap masalah sosial dan memiliki etika profesi.

3.     Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki kepedulian sosial serta mendukung perdamaian dunia.

4.     Mampu bertanggung jawab atas tugas yang diberikan, berprilaku etis, professional, memiliki integritas moral dan kemampuan intelektual, komunikatif dan aspiratif dalam pencapaian hasil kerja pada berbagai organisasi.

5.     Mampu bertanggung jawab atas tugas yang diberikan, berprilaku etis, professional, memiliki integritas moral dan kemampuan intelektual, komunikatif dan aspiratif dalam pencapaian hasil kerja pada berbagai organisasi.

6.     Mampu untuk belajar secara mandiri seumur hidup, dan bersifat terbuka kepada perkembangan baru.

PENGUASAAN PENGETAHUAN

1.     Memiliki pengetahuan tentang teknologi ICT yang terkait dengan sistem komputer dan jaringan.

2.     Memiliki pengetahuan mengenai dasar logika pemrograman beserta penerapannya dalam membangun sistem.

3.     Memiliki pengetahuan umum tentang rangkaian elektronika analog dan digital.

KETERAMPILAN UMUM

4.     Mampu mengimplementasikan, mengevaluasi, dan memecahkan masalah pada jaringan komputer dan embedded system dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku dan dapat menunjukkan kinerja bermutu dan terukur yang didasarkan pada pemikiran logis, inovatif dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri.5.     Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk mencegah plagiasi.

6.     Mampu bekerja sama, bertanggungjawab atas pencapaian hasil, melakukan proses evaluasi diri dan mengelola pengembangan kompetensi baik secara mandiri maupun kelompok.

KETERAMPILAN KHUSUS

7.     Memiliki kemampuan untuk membangun, mengimplementasikan dan memelihara jaringan komputer.

8.     Memiliki kemampuan untuk membangun, mengimplementasikan dan memelihara sistem server.

9.     Memiliki kemampuan untuk membangun sistem / aplikasi yang terkait dengan embedded sistem.