KEGIATAN PENGABDIAN MASYAKAKAT (PKM 2018-2) INSTALASI JARINGAN LAMPU LISTRIK OTOMATIS UNTUK PENERANGAN DI MASJID AL MUNAWWARAH

KEGIATAN PENGABDIAN MASYAKAKAT (PKM 2018-2)
INSTALASI JARINGAN LAMPU LISTRIK OTOMATIS UNTUK
PENERANGAN DI MASJID AL MUNAWWARAH

13-14 Desember 2018

Penerangan lampu merupakan fasilitas penting yang dibutuhkan sebagai alat bantu untuk navigasi pengguna jalan atau penerangan ruangan, meningkatkan keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan, mendukung keamanan lingkungan dan memberikan keindahan lingkungan jalan pada malam hari. Penerangan ruangan masjid diperlukan untuk menunjang aktifitas kegiatan dan mobilitas masyarakat malam hari di mesjid.

Perkembangan Teknologi Informasi, penerangan menggunakan lampu banyak jenis dan macamnya begitu pula dalam hal menyalakan dan mematikan lampunya.

Pada saat ini pengelola masjid berusaha meningkatkan efisiensi dan menekan biaya penggunaan listrik untuk masjid. Salah satu penghematannya yaitu penghematan listrik untuk lampu penerangan masjid. Cara untuk menghemat penggunaan listrik yaitu perlunya lampu otomatis yang dapat diatur nyala dan matinya lampu menggunakan penjadwalan.

Pembangunan instalasi jaringan listrik ini diharapkan dapat mendukung penghematan pengunaan listrik di mesjid. Untuk mendukung hal tersebut tentunya diiringi dengan peran pengunaan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang tepat dan baik.

Oleh karena itu, Mesjid Al Munawaroh melalui skema pengabdian masyarakat bekerjasama dengan Program studi Teknik Komputer sebagai representatif Telkom University mengadakan Instalasi Jaringan Lampu Listrik Otomatis Untuk Penerangan Masjid Al Munawwarah.

Sebagai bentuk kontribusi dan kepedulian terhadap peningkatan SDM TIK di lingkungan masyarakat, tim dosen Prodi Teknik Komputer bekerja sama dengan masjid Al Munawwarah Kabupaten Bandung telah melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk “INSTALASI JARINGAN LAMPU LISTRIK OTOMATIS UNTUK PENERANGAN”. Insalasi dilakukan dalam bentuk praktikum langsung di lokasi masjid yang dibantu oleh dua orang mahasiswa Antaufany dan Ariep .

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 13 dan 14 Desember 2018 , dilaksanakan 2 hari  pukul  09.00 s/d 16.00 WIB  di masjid Al Munawwarah. Pengelola masjid diberikan pengetahuan mengenai nyala lampu listrik dapat dikendalikan jarak jauh melalui handphone android. Sebelum melakukan pemasang alat diadakan rapat kecil mengenai teknik konfigurasi dan pemasangan alat pada lampu. Alat kontrol lampu akan dipasang di plafon masjid. Sedangkan untuk mengontrol nyala dan mati lampu menggunakan handphone smartphone android.

Alat yang akan dipasang pada lampu penerangan masjid

 

Alhamdulillah kegiatan pengabdian masyarakat 2018-2 telah selesai dilaksanakan dengan lancar dan sukses. Kegiatan ditutup dengan melakukan foto bersama tim lain dan pengelola masjid.

 

By TGN

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.